Senin, 30 Juli 2018

Hindari pemakaian tabir surya demi kesehatan kulit anda

Juli 30, 2018 // by mirajudin noor // // No comments


Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting. Sebagai organ yang berada di bagian terluar tubuh, kulit berperan sebagai pelindung organ tubuh lainnya. Selain itu karena berada di bagian terluar pula, jelas bahwa kulit akan sangat mempengaruhi penampilan. Oleh karena itu, kulit mendapat perhatian khusus terutama bagi seorang wanita. Misalnya dengan penggunaan tabir surya yang dianggap bisa melindungi kulit dari sinar matahari.

Namun, sadarkah Anda bahwa beberapa bahan yang terkandung di dalam tabir surya sebenarnya buruk bagi kesehatan kulit? Berikut bahan-bahan yang dimaksud, seperti dikutip dari situs Global Healing Center.

1. Avobenzone


Avobenzone, bahan utama dalam tabir surya yang efektif menyerap sinar ultraviolet (UV), sebenarnya dianggap sebagai bahan kimia yang relatif aman.

Akan tetapi penelitian terbaru menunjukkan, jika bahan ini terkena sinar matahari dapat menghasilkan pelepasan radikal bebas yang justru bisa meningkatkan risiko kanker.

2. Pengharum


Tabir surya mengandung berbagai wewangian supaya produk lebih menarik. Penggunaan wewangian buatan dikhawatirkan dapat mengganggu sistem saraf, menimbulkan alergi, dan cacat lahir.

3. Oxybenzone


Oxybenzone dan avobenzone memiliki fungsi yang sama. Keduanya ditemukan di sebagian besar tabir surya. Meskipun keduanya berfungsi menyerap sinar matahari sehingga tidak menembus kulit, oxybenzone sebenarnya lebih beracun.

Bahan kimia ini sebenarnya berada di balik meningkatnya risiko melanoma, kanker kulit yang kebanyakan orang coba hindari dengan menggunakan tabir surya.

4. Parabens


Parabens umumnya digunakan sebagai pengawet dalam tabir surya serta berbagai produk kecantikan lainnya. Apa yang membuat parabens berbahaya adalah bahan kimia ini dapat mengganggu kerja hormon estrogen.

Parabens telah dikaitkan dengan infertilitas, perkembangan abnormaltestis, obesitas, asma, alergi, tumor jinak pada rahim atau saluran pencernaan, dan kanker payudara.

5. Vitamin A


Mungkin ini kabar mengejutkan bahwa vitamin A termasuk kandungan yang dihindari. Vitamin A sering dalam bentuk retinyl palmitate dan jika terkena sinar UV, bisa menciptakan radikal bebas yang dapat menyebabkan mutasi genetik yang benar-benar meningkatkan risiko kanker.

Penggunaan retinyl palmitate setiap hari oleh wanita hamil juga bisa menjadi racun bagi janin yang sedang berkembang.

Jadi, demi menjaga kesehatan kulit anda, lebih baik hindari penggunaan tabir surya yang mengandung bahan-bahan berbahaya seperti di atas. Ada banyak alternatif perawatan kulit, misalnya saja dengan menggunakan bahan-bahan alami yang jelas akan lebih aman dan tentunya membuat kulit anda lebih sehat.

0 komentar:

Posting Komentar