Selasa, 25 September 2018

Mengenal Perbedaan antara Pipa PVC dengan Pipa HDPE

September 25, 2018 // by mirajudin noor // , , // No comments


Pipa PVC pastinya akan menjadi pipa yang berada di urutan teratas apabila mencari pipa untuk masyarakat Indonesia kebanyakan. Namun hal ini bukan pipa hanya terdiri jadi jenis satu ini saja. Ada beberapa pipa lain yang bisa digunakan seperti pipa HDPE. Dari kedua jenis pipa tersebut, tentunya ada perbedaan yang harus kamu tahu. Apa itu?

Jenis PVC 

Pertama kamu harus mengetahui dulu tentang pipa yang satu ini. Pipa ini sendiri merupakan kependekan dari Pipa PolyVinyl Chloride. Bisa dibilang, jenis pipa yang satu ini adalah jenis pipa yang paling populer di dunia untuk sekarang ini. Hal tersebut tidak lepas karena berbagai keunggulan yang dimiliki oleh pipa ini. 

Keunggulan tersebut seperti bahannya yang tergolong lebih ringan, kuat tapi juga tidak mudah terkena korosi air. Tidak heran apabila jenis pipa yang satu ini difavoritkan digunakan untuk berbagai kebutuhan saluran air yang ada di Indonesia. Terutama untuk bagian perumahan yang memang bisa dibilang sangat cocok untuk jenis pipa yang satu ini. 

Hal berikutnya yang mesti kamu ketahui tentang pipa PVC adalah pemasangannya yang terbilang sangat mudah. Soalnya kamu hanya perlu menggunakan lem khusus pipa untuk bisa memasangnya. Sangat beda dengan kebanyakan jenis pipa lainnya yang apabila harus direkatkan maka harus disolder terlebih dulu.  

Pipa HDPE 

Berikutnya adalah jenis pipa HDPE yang merupakan singkatan dari High Density Polyethylene. Untuk jenis pipa yang satu ini terbuat dari dari bahan plastik yang berkualitas. Tidak heran apabila jenis pipa HDPE akan sangat mudah diatur dan juga digulung tanpa takut rusak. Sangat cocok digunakan untuk proyek PDAM seperti pertanian hingga irigasi. 

Keunggulan paling utama dari pipa HDPE adalah bahannya yang tergolong sangat aman. Bahan aman itulah yang membuat jenis pipa ini baik untuk memfasilitasi kebutuhan konsumsi air rumah tangga. Berbeda jauh dengan pipa besi yang seringkali memiliki risiko karat dan bisa membawa kuman beracun pada air konsumsi rumah tangga. 

Keunggulan seperti bahan yang kuat dan juga lentur membuat pipa HDPE difavoritkan oleh masyarakat dengan lingkungan khusus. Terutama untuk masyarakat yang tinggal di daerah bebatuan dan juga kondisi tanah yang labil. 

Dengan mengetahui perbedaan dari pipa PVC dengan pipa HDPE maka akan banyak keuntungan yang kamu dapatkan ketika harus menggunakannya. Terutama keuntungan untuk bisa membedakan mana jenis pipa yang paling cocok dan juga paling sesuai digunakan untuk kebutuhan kamu. 

0 komentar:

Posting Komentar