Senin, 29 Oktober 2018

Hati-Hati, Kebiasaan Ini Membuat Mesin Cuci Cepat Rusak

Oktober 29, 2018 // by mirajudin noor // , // No comments


Apakah Anda sering menggunakan mesin cuci di rumah? Mesin cuci memiliki masa pakai sekitar lima tahun bahkan ada yang lebih lama. Namun tak sedikit mesin cuci yang rusak sebelum masa rusaknya. Sehingga Anda harus service mesin cuci lebih awal. Mesin cuci rusak biasanya disebabkan banyak faktor. Berikut kesalahan yang membuat mesin cuci cepat rusak.

1. Tidak Memeriksa Kantung Pakaian Sebelum Dicuci

Perilaku lupa memang tidak luput dari manusia, termasuk lupa memeriksa kantung pakaian sebelum mencuci. Sebenarnya bukan pakaiannya yang berdampak buruk, tetapi benda-benda di dalam kantung pakaianlah yang bisa merusak mesin cuci. 

Benda yang sering terlupa di dalam kantung misalnya saja uang koin. Jika koin tersebut jatuh dan masuk ke dalam mesin cuci maka mesin cuci bisa rusak. Selain koin, bisa saja benda seperti bolpoin, pensil, penghapus, maupun mainan anak yang sering tertinggal di kantung pakaian.

2. Tidak Membuka Pintu Saat Mencuci

Ternyata membiarkan pintu mesin cuci tetap terbuka saat proses pencucian bisa memberi banyak manfaat. Hal ini juga menghindari suhu lembap yang memicu pertumbuhan jamur. Tips ini juga bermanfaat membuat interior mesin cuci Anda lebih harum dan segar.

3. Mengisi Tabung Terlalu Penuh

Kesalahan berikutnya yang mampu merusak mesin cuci yaitu memaksa mesin cuci bekerja berat melebihi kapasitasnya. Selain merusak mesin dalam jangka panjang, pakaian Anda juga tidak bisa dibersihkan secara rata dan maksimal. Tips sederhananya, berikan ruang kosong setidaknya 25 persen pada tabung cuci agar kerja mesin menjadi lebih ringan.

4. Mencuci Melebihi Kapasitas

Mesin cuci memiliki kapasitasnya masing-masing. Anda tidak bisa menggunakan secara berlebihan bahkan melebihi kapasitas yang telah ditentukan, ini akan memberatkan mesin cuci. Masalah memang tidak akan muncul saat itu juga. Namun semakin lama mesin cuci tidak akan bisa menahan hal tersebut. Sehingga membuat Anda cepat ke tempat service mesin cuci.

Namun jika kebiasaan ini terus berlangsung, tentu mesin cuci jadi lebih cepat rusak. Inilah alasan harus memperhatikan cara pemakaian yang benar menjadi bagian penting dari tips merawat mesin cuci.

5. Membiarkan Keran Terbuka Setelah Mencuci

Keran yang dibiarkan dalam kondisi terbuka bisa memberi tekanan pada mesin cuci. Jika kondisi ini berlangsung terus, kebocoran selang atau pipa sangat mungkin terjadi. Masalah kebocoran inilah yang bisa menyebabkan kerusakan pada mesin. Sehingga Anda perlu sedikit cermat dalam proses mencuci.

Kerusakan mesin cuci bisa saja dihindari. Anda bisa memulainya dengan memperbaiki kebiasaan dalam menggunakannya. Selain itu jaga kebersihannya. Gunakan mesin cuci sebagaimana mestinya. Jika Anda melakukan tips merawat mesin cuci ini, bukan hal mustahil jika mesin cuci Anda bertahan lebih lama.

Mesin cuci bisa cepat rusak karena penggunaan yang kurang tepat. Jika mesin cuci Anda rusak, segera service mesin cuci di sejasa.com. Selain mudah akses pemanggilan ahli service, Anda juga mendapatkan asuransi atas project Anda. Segera buka website-nya dan isi kebutuhan Anda kemudian tunggu ahli service mendatangi Anda.

0 komentar:

Posting Komentar