Selasa, 25 Desember 2018

Sablon Manual dan Sablon DGT, Mana yang Lebih Oke?

Desember 25, 2018 // by mirajudin // , , , // No comments


Jika Anda berniat untuk melakukan cetak baju dalam waktu dekat untuk komunitas Anda, sebenarnya ada banyak jsa cetak kaos terdekat yang bisa Anda gunakan. Hanya saja, sebelum menentukan mau menggunakan jasa yang mana, ada baiknya ketahui dulu jenis sablon yang digunakan. Misalnya, sablon manual dan DGT. Di antara keduanya, mana yang lebih oke?

Proses Pembuatan

Pertama, bisa dilihat dari proses pembuatannya. Untuk proses pembuatan, sablon manual membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan print kaos DGT. Oleh sebab itu bila Anda ingin kaos komunitas cepat selesai, tak disarankan menggunakan jenis ini. Sedangkan untuk jenis DGT, bisa mencetak lusinan kaos dalam waktu jaman saja.

Peralatan yang Digunakan

Lalu, untuk peralatan yang digunakan. Pada sablon manual, umumnya peralatan yang digunakan hanya sebatas frame presisi sablon, rakel, triplek, hraidryer dan lainnya. Sedangkan untuk sablon cetak baju menggunakan sablon DGT, peralatannya lebih canggih yakni printer DGT, komputer, mesin press, kompresor dan lainnya.

Jumlah Kaos yang Akan Dibuat

Balik pada jumlah kaos yang akan dibuat, bila Anda ingin membuat kaos dalam jumlah banyak namun waktu yang ada cukup senggang, Anda bisa memilih untuk menggunakan sablon manual saja. Sablon manual tak menerima pesanan satuan. Itu dikarenakan untuk menekan biaya pembuatan yang tinggi.

Sedangkan bila Anda ingin membuat kaos dalam jumlah berapapun dan ingin cepat, bisa menggunakan jasa printing baju sablon DGT saja. Kaos Anda akan langsung dikerjakan pada hari itu juga. Anda juga tak perlu menambah biaya pembuatan untuk alasan apapun.

Kualitas

Nah, masalahnya ada pada kualitasnya. Sampai saat ini, tak ada jaminan bahwa hasil dari sablon DGT hasilnya lebih bagus dari sablon manual. Yup! Bila Anda ingin kualitas yang bagus, maka memilih jenis sablon manual adalah pilihan yang tepat. Hasilnya akan terlihat seperti desain contoh dan teksturnya pun terasa.

Itu dikarenakan tekstur yang berasal dari cat atau pasta yang digunakan dalam proses pewarnaan kaos. Sedangkan untuk print DGT, tekstur kaosnya memang tak jauh berbeda dengan sablon manual. Teksturnya timbul namun memiliki pori-pori. Bisa dikatakan, kualitas dari sablon DGT ini sangat tergantung dari kualitas cat atau tinta yang digunakan.

Seringkali, jika kualitas cat atau tinta yang digunakan jelek, hasil sablon bisa retak dan transfer warnanya juga berkualitas rendah. Tentu saja ini bisa mengecewakan bila Anda ingin hasil yang ekslusif dan bagus.

Jadi, antara sablon kaos manual dan DGT, mana yang lebih oke? Kembali pada pilihan Anda sendiri! Nah, kalau Anda bingung di mana bisa menemukan jasa printing baju terbaik, Anda bisa menggunakan jasa custom.my saja. Hasil print kaos menggunakan jenis sablon manapun dipastikan oke dan Anda tak akan menyesal!

0 komentar:

Posting Komentar