Jumat, 25 Januari 2019

5 Fakta Unik Seputar Otot

Januari 25, 2019 // by mirajudin // , , // No comments


Banyak dipahami fakta otot sangat penting dalam tubuh kita. Dengan adanya otot membuat tubuh kita bisa bergerak. Otot diperlukan ketika kita melakukan hal ringan seperti tersenyum atau pun melakukan gerakan besar seperti berlari atau melempar. Cara fitnes yang benar berpengaruh terhadap peningkatan massa otot. Jadi kalau selama ini kamu sering bertanya, “ berapa lama membentuk otot perut wanita / pria ? “ Sebetulnya dalam hitungan bulan saja, hal itu sudah bisa diwujudkan.
Oleh karena itu, melakukan latihan otot sangat penting untuk menjaga kekuatan otot. Dengan melakukan olahraga otot yang tepat, bagian tubuh kita ini akan selalu terjaga kemampuannya.
Nah untuk mengenal lebih jauh mengenai otot, yuk simak fakta otot unik berikut ini.

1. Di dalam tubuh terdapat lebih dari 600 otot

Angkanya fantastis bukan? Ini termasuk otot yang terdapat di lengan, kaki, serta di dalam tubuh. Seperti otot yang membuat jantung dapat berdetak dan otot-otot yang membantu mencerna makanan.
Sebagai perbandingan, tubuh kamu memiliki 206 tulang kerangka. Jadi jumlah otot lebih banyak dari tulang kerangka kita.

2. Otot terkecil terdapat di telinga bagian dalam

Otot tersebut termasuk tensor tympani dan stapedius. Otot ini terhubung ke gendang telinga dan menyatukan telinga bagian dalam. Sekadar tahu juga, tulang terkecil dalam tubuh kita juga terdapat di area telinga.

3. Otot yang bekerja paling keras adalah yang terdapat di jantung

Setiap hari, otot tersebut mendukung untuk memompa sekitar 2.500 galon darah. Luar biasa kan?
Oleh karena itu pastikan kesehatan jantung selalu terjaga dengan baik. Sebab pengaruhnya sangat besar bagi kesehatan kita.

4. Otot yang paling sibuk adalah yang mengendalikan gerakan mata

Ini fakta otot yang menarik. Otot-otot di area mata terus bergerak untuk melakukan penyesuaian saat kamu membaca, menonton TV, atau melihat ke sekitar.
Dalam satu jam membaca, mata bisa membuat 10.000 gerakan terkoordinasi.

5. Peningkatan Massa Otot Terjadi Lebih Cepat

Dibandingkan dengan menurunnnya massa otot, peningkatannya justru terjadi lebih cepat.
Misalnya kalau kamu tidak pergi ke gym selama satu bulan dibandingkan dengan kamu pergi ke gym dalam durasi waktu yang sama, maka kamu akan mendapatkan jumlah massa otot yang lebih banyak dibandingkan dengan yang menghilang.
Dari hasil penelitian mengatakan kalau kita tidak latihan selama bulan bisa menyebabkan hilangnya 23 persen kekuatan otot. Sebaliknya, kalau dalam dua bulan kita ikut latihan maka kita akan mendapatkan peningkatan 47 persen kekuatan otot.
Jadi sering-sering olahraga biar kekuatan otot selalu terjaga ya. Sebab apa pun yang kita lakukan, ada peran otot dalam melakukan gerakan tersebut. Oleh karena itu, kita harus menjaganya agar tetap sehat. Kita bisa melakukan olahraga otot untuk tetap menjaga kekuatan otot
Seiring bertambahnya usia, massa otot akan berkurang. Tetapi kalau kita melakukan latihan otot yang rutin, kita dapat mempertahankan sistem otot agar tetap kuat.

0 komentar:

Posting Komentar