Minggu, 03 Februari 2019

Kenali Cara Perawatan Mobil yang Tepat untuk Kendaraan Mobil Anda

Februari 03, 2019 // by mirajudin // , , , // No comments


Sebagaimana manusia, mobil juga membutuhkan perawatan agar fungsinya dapat stabil. Apapun merknya, bagaimanapun bentuknya, dan berapapun harganya, mobil tetap membutuhkan perawatan secara intensif. Banyak sekali kerugian yang akan diperoleh jika kita tidak mampu merawat mobil kita dengan baik. Kemungkinan yang sudah pasti adalah mobil akan cepat rusak dan lama-lama bisa saja hanya akan menjadi barang rongsok. Kemungkinan lainnya yang lebih buruk adalah dapat menjadikan kecelakaan bagi kita ketika mengendarai mobil tersebut. Tentu saja semua itu terjadi karena disfungsi atau ketidakmampuan mobil berfungsi dengan seharusnya, dan itu semua karena mobil tersebut yang tidak pernah di rawat. Meski begitu, apabila kita memiliki asuransi mobil maka akan mempermuda kita untuk melakukan perawatan pada mobil yaitu dengan klaim asuransi mobil tesebut. Namun, tentulah akan lebih baik jika kita dapat merawat mobil dengan baik sehingga meminimalisirkan terjadinya kerusakan yang fatal pada mobil. Bagaimana cara merawat mobil yang tepat? Berikut beberapa ulasannya.

1. Pililah bahan bakar yang tepat untuk mobil anda
Pastikan anda telah mengetaui bahan bakar apa yang tepat atau cocok untuk mobil anda, jangan sampai anda memakai bahan bakar yang asal hanya karena harganya lebih murah. Karena hal tersebut mampu menjadi salah satu faktor terjadinya kerusakan pada mobil anda.

2. Gantilah oli mobil dan oli filter tepat pada waktunya
Jangan meremehkan untuk mengganti oli mobil dan oli filter, yang mana menggantinya tidak sesuai waktunya. Apabila anda mengganti sebelum waktunya atau juga lewat dari batas waktunya maka akan menjadikan fungsi mesin tidak berfungsi normal. Dapat diibaratkan seperti kita manusia, yang membutukan asupan makanan dan minuman sesuai waktunya, karena apabila tidak tepat waktu maka akan berujung sakit, begitu juga mobil. Oleh karena itu, pastikan mengganti kedua oli tersebut tepat pada waktunya.

3. Mengecek cairan yang penting pada mobil secara berkala
Pastikan anda mengecek cairan yang penting pada mobil secara berulang-ulang atau berkala. Terkadang hal ini menjadi hal yang sepele pada sebagian orang, padahal akan berdampak sangat buruk apabila cairan penting pada mobil sampai berkurang atau bahkan habis.

4. Mengecek kondisi lampu
Akan sangat berbahaya bukan apabila anda mengendarai malam hari dan lampu mobil anda mati? Oleh karena itu, anda sepatutnya untuk mengecek kondisi pada lampu mobil tersebut.

5. Mengecek Kondisi Ban
Anda harus juga dapat memastikan kondisi ban dalam keadaan yang benar-benar baik, artinya tidak kempes atau bocor, dan juga tidak gundul. Ban yang tidak sedang dalam keadaan baik tentu saja akan sangat membahayakan ketika dikendarai, terlebih jika anda melaju dengan kencang atau kebut. Bukan tidak mungkin tiba-tiba hilang kendali karena ban yang oleng atau tidak berjalan sesuai kemudi.

6. Panaskan mobil
Jangan malas untuk memanaskan mobil anda, meskipun anda tidak berniat untuk mengendarainya. Pastikan mobil anda selalu dipanaskan secara rutin dengan proporsi waktu yang sesuai. Mobil yang jarang dinyalakan dalam kurun waktu yang lama justru akan rusak dengan sendirinya, karena mesin di dalam mobil diciptakan untuk selalu beroperasi yang sehingganya semakin sering dinyalakan dengan proporsi yang tepat, maka akan menjadikan fungsinya semakin baik.

Demikianlah, ulasan mengenai cara merawat mobil yang tepat. Selalu lakukan perawatan yang tepat pada mobil anda, sebagaimana anda melakukan perawatan untuk diri anda sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar