Minggu, 31 Maret 2019

Cara Menggunakan AVO Meter dengan Benar

Maret 31, 2019 // by mirajudin // , , // No comments

sumber : skemaku

Ketika kita ingin mengetahui kondisi suatu komponen elektronik sebelum merakit dan menghubungkannya ke colokan listrik atau steker sebaiknya dilakukan pengujian dan pemeriksaan pada komponen listrik tersebut. Cara menguji dan memeriksanya bagaimana? Kebanyakan dari teknisi di bidang elektronik menguji dan memeriksa komponen menggunakan multimeter atau AVO meter. AVO meter ini merupakan alat yang wajib dimiliki dan juga wajib untuk menguasai penggunaannya bagi teknisi di bidang elektronik. Karena ketika kita telah menguasai penggunaan AVO meter akan mempermudah memperbaiki maupun memeriksa troubleshooting yang terjadi di setiap alat-alat elektronika.

Pada dasarnya ketika memeriksa kondisi komponen elektronika baik atau tidaknya menggunakan AVO meter kebanyakan dilakukan dalam skala ohm meter. Karena ketika range selector di putar ke satuan ohm, maka akan keluar arus listrik pada ujung probe + dan -. Dengan adanya arus serta tegangan listrik pada AVO meter dapat berfungsi sebagai pengaktif kinerja dari komponen tersebut. Kamu bisa mengetahui komponen itu bagus atau tidaknya dengan data yang dihasilkan melalui jarum pada AVO meter. Sebelum lanjut ke cara pengukuran komponen elektronika menggunakan AVO meter kamu perlu mengetahui satuan pada komponen listrik tersebut.

Kali ini kami akan membagikan bagaimana cara mengetahui kondisi komponen elektronika menggunakan AVO meter.

Resistor


Sumber : RSComponents

Komponen ini memiliki fungsi sebagai pembagi tegangan serta menahan arus listrik pada sebuah rangkaian elektronik.

Berikut ini adalah cara mengukur resistor menggunakan AVO meter :

- Karena resistor merupakan komponen hambatan, kamu perlu melakukan kalibrasi pada AVO meter.

- Shortkan atau hubungkan probe positif dan negatife, setelah itu putar ohm Adjust hingga jarum bergerak di angka nol pada skala ohm.

- Putar range selector pada posisi skala ohm meter. Perlu kamu ingat ketika mengukur pastikan batas ukuran pada AVO meter lebih tinggi atau mendekati ukuran resistor yang diukur.

- Hubungkan probe positif dan negatife pada masing-masing kaki resistor ( terbalik tidak apa-apa )

-lalu amati jarum pada AVO meter apa yang terjadi

Jika jarum pada AVO meter menunjukkan angka sesuai besar nilai resistor maka kondisinya cukup baik, tetapi jika angka yang ditunjukkan pada AVO meter lebih besar/kecil daripada nilai resistor bisa dibilang jika resistor tersebut mengalami kondisi setengah rusak. Ketika kamu mengukur resistor tapi jarum AVO meter tidak bergerak sama sekali atau bahkan menunjukkan angka nol maka resistor tersebut bisa dibilang mengalami short atau bahkan putus.


Kondensator


Sumber : Panduanteknisi

Komponen yang satu ini memiliki fungsi sebagai penyaring atau filter dalam sebuah rangkaian. Kondensator ini memiliki dua jenis yakni Kondensator polar atau biasa disebut dengan Elco dan Kondensator nonpolar. Kedua jenis Kondensator ini memiliki cara pengukuran yang berbeda, yaitu sebagai berikut :
Kondensator ( Elektrolit/Elco )
- Putar analog range selector pada alat AVO meter ke posisi skala ohm.

- Pada skala ohm pilih nilai angka yang lebih besar jika Kondensator Elektronik memiliki nilai kecil tetapi jika Kondensator memiliki nilai yang besar putar range selector pada ukuran yang lebih kecil.

- Ketika mengecek Kondensator Elektrolit tidak boleh kebalik minus plusnya, hubungkan prob positif di kaki komponen yang panjang sedangkan untuk prob negatife hubungkan pada kaki yang pendek

- Perhatikan gerakan jarum
Jika jarum bergerak lalu kembali di tempat semula berarti kondisi Kondensator Elektrolit bagus, tetapi jika jarum tidak bergerak sama sekali atau bahkan bergerak namun tidak kembali pada posisi semula bisa jadi Kondensator tersebut Bocor, putus, atau rusak.

Kondensator Non Polar
- Putar analog range selector pada posisi ohm meter x10/x1k

- Hubungkan prob positif dan negatife pada masing-masing kaki komponen, tidak masalah jika terbalik positif dan negatifnya

- Perhatikan gerakan jarum pada AVO meter

Jika jarum tidak bergerak sama sekali berarti kondisi Kondensator baik sedangkan jika jarum bergerak menandakan bahwa Kondensator dalam kondisi rusak.

Demikian beberapa cara untuk mengecek kondisi komponen elektronik sebelum kamu merakit dan menghubungkannya pada arus listrik.

0 komentar:

Posting Komentar