Minggu, 28 April 2019

Asuransi untuk Traveling, Perlukah?

April 28, 2019 // by mirajudin // , , , , // No comments


Berwisata tak hanya tentang senang-senangnya saja, rupanya banyak risiko yang menghadang wisatawan di perjalanan. Misalnya kehilangan bagasi atau kerusakan barang bawaan karena kesalahan pihak penyedia jasa penerbangan. Atau bahkan kecelakaan yang mengharuskan kita mendapatkan perawatan medis saat liburan. Untuk itu, keberadaan asuransi khusus bagi wisatawan sangat penting untuk mengurangi kerugian yang diderita ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mahal? Jangan takut, ada kok produk asuransi murah untuk travelling yang bisa kita pilih sebelum memutuskan untuk liburan.

Dari banyak produk asuransi travelling, beberapa di antaranya juga melindungi wisatawan dari kerugian yang diakibatkan oleh pihak maskapai seperti delay hingga berjam-jam tanpa kompensasi yang selayaknya. Termasuk juga jika ada kecelakaan yang menyebabkan adanya perawatan atau tindakan medis lainnya. Ya, sekilas caranya memang sama dengan asuransi kesehatan yang juga digunakan meskipun kita sudah memiliki jaminan kesehatan dari pemerintah.

Dilihat dari tingkat keperluannya, sebenarnya tidak terlalu darurat jika liburan kita lakukan di dalam negeri atau rute domestik. Meskipun seringkali juga ada risiko keterlambatan jadwal penerbangan namun masih dapat diatasi. Yang dikhawatirkan adalah ketika kita akan bepergian ke luar negeri untuk liburan. Penggunaan multi maskapai akan sangat berpengaruh jika penerbangan kita mengalami keterlambatan, apalagi yang pergeserannya terlampau jauh. Belum lagi jika masalah terjadi di saat transit di negara lain, sedangkan kita tidak punya kolega atau keluarga yang dapat membantu pengurusannya.

Dengan premi yang cenderung murah, rata-rata pelayanan yang diberikan oleh penyedia jasa asuransi liburan tak main-main. Berbeda halnya dengan asuransi kesehatan, asuransi liburan ini memang bersifat untuk satu kali perjalanan atau durasi terbatas sesuai dengan jumlah hari liburan kita. Namun, persyaratannya pun tak main-main karena berhubungan dengan keselamatan kita saat berada di daerah atau negara lain.

Penggunaan asuransi liburan pun sebenarnya juga sudah diterapkan oleh sejumlah penyedia jasa tiket penerbangan via online, lho. Namun, masih terbatas untuk perlindungan ketika kita dalam penerbangan seperti kehilangan bagasi atau kecelakaan dengan biaya premi puluhan ribu Rupiah. 

Jadi, sudah memutuskan liburan ke mana?

0 komentar:

Posting Komentar