Senin, 20 Mei 2019

Tips agar Cepat Kontraksi Asli dengan Gerakan Sederhana

Mei 20, 2019 // by mirajudin // , , , // No comments


Kelahiran bayi bisa diprediksi dengan mudah oleh dokter, atau bisa disebut dengan HPL atau hari perkiraan lahir. Namun ternyata banyak kasus kelahiran yang terjadi sebelum tanggal tersebut atau bahkan jauh melebihi tanggal yang diperkirakan Jika Anda sedang mengalami hal tersebut, berikut tips agar cepat kontraksi asli yang bisa Anda lakukan dengan gerakan ringan. 

Rutin Jalan Kaki
Cara pertama dan paling sederhana yang bisa Anda lakukan adalah berjalan kaki. Hal ini sangat bermanfaat untuk merangsang janin agar cepat menempatkan diri pada leher harim karena tekanan yang timbul ketika Anda berjalan. Selain itu efek gravitasi juga bisa membantu janin turun dan merangsang terjadinya kontraksi.

Dalam hal ini, Anda sebaiknya melakukannya dengan rutin pada pagi hari dengan kaki bertelanjang. Selain udara pagi masih segar, keadaan kaki yang langsung bersentuhan dengan alam juga berguna untuk melancarkan aliran darah pada tubuh.   

Squats
Selain rutin berjalan kaki, Anda juga bisa melakukan gerakan ringan lain seperti squats untuk merangsang kontraksi. Gerakan ini sangat berguna untuk membuka panggul sehingga memungkinkan bayi untuk memosisikan dirinya menekan leher rahim dan kontraksi dapat terjadi.

Anda dapat melakukannya dengan perlahan dengan cara berdiri tegak dan posisi punggung lurus. Setelah itu turun perlahan hingga membantuk posisi jongkok dan kembali lagi ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secukupnya hingga merasakan sensasi terbakar di bagian perut. Sebaiknya minta tolong seseorang untuk menemani Anda melakukan hal ini untuk mencegah bahaya.

Naik Turun Tangga
Gerakan ringan lainnya yang bisa Anda lakukan dengan mudah adalah naik turun tanggan. Namun dalam melakukan kegiatan ini, sebaiknya Anda hanya menggunakan dua atau tiga anak tangga dengan jarak antar tangga sekitar 10 cm untuk menghindari bahaya. Gerakan ini juga berguna untuk menekan posisi bayi menuju serviks dan merangsang kontraksi asli. 

Gerakan Birthing Ball
Tips agar cepat kontraksi asli lainnya adalah dengan cara melakukan gerakan ringan dengan banyuan birthing ball. Anda cukup duduk di atasnya dan berputar-putar dengan ringan atau sekadar memantul-mantulkan bola. 

Di sini Anda harus menempatkan diri pada posisi yang benar dengan cara duduk dengan punggung tegak serta kaki lebar untuk menjaga keseimbangan. Dalam melakukan gerakan ini, Anda harus ditemani orang lain, jangan melakukannya seorang diri karena hal tersebut sangat berbahay ketika Anda tidak bisa menjaga keseimbangan.

Stimulasi Putting
Sementara itu, Anda juga bisa menstimulasi kontraksi dengan cara merangsang putting. Ketika payudara dalam keadaan tegang, maka tubuh akan melepaskan oksitosin dalam darah yang sangat berguna untuk memicu kontraksi. 

Semoga setelah menjalankan gerakan-gerakan di atas, kontraksi kandungan Anda bisa lebih cepat terjadi. Selain tips agar cepat kontraksi asli di atas, beragam informasi lainnya seputar kehamilan dan parenting bisa Anda dapatkan dari Orami Magazine dengan mengaksesnya melalui orami.co.id. 

0 komentar:

Posting Komentar