Senin, 24 Juni 2019

Inilah Alasan Mengapa Imunisasi Itu Sangat Penting Bagi Anak

Juni 24, 2019 // by mirajudin // , , // No comments


Terkena suatu penyakit merupakan sesuatu yang lumrah. Kapanpun dan dimanapun, Anda bisa saja terkena penyakit, baik itu terkena virus maupun bakteri. Jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang kuat, maka resiko terkena penyakit pun akan lebih rendah. Sebaliknya, jika Anda memiliki daya tahan tubuh yang lemah, maka tubuh Anda pun akan sangat mudah terserang penyakit. Hal ini salah satunya disebabkan oleh pengalaman suntik imunisasi yang Anda lakukan saat masih kecil maupun saat remaja.

Imunisasi merupakan salah satu upaya untuk membuat tubuh menjadi kebal terhadap suatu penyakit. Imunisasi bisa berupa vaksin yang disuntikan ke dalam tubuh maupun dimasukan secara oral. Saat Anda kecil tentu saja Anda pernah mendapatkan suntik imunisasi di puskesmas atau posyandu terdekat. Anda mungkin menangis saat jarum suntik menusuk kulit Anda. Meskipun rasanya sakit, toh khasiatnya akan terasa sampai sekarang. Anda menjadi lebih kebal terhadap penyakit yang berbahaya sekalipun.

Mengapa Imunisasi Penting untuk Anak?
Setelah Anda memiliki Anak, maka jangan lupa untuk imunisasi anak Anda. Imunisasi perlu dilakukan bahkan sejak Anda lahir. Hal ini tentu saja dilakukan agar Anak anda terhindar dari berbagai penyakit yang membahayakan nyawanya, seperti penyakit polio, TBC, difteri, tetanus, dan penyakit lainnya. Penyakit-penyakit tersebut tentunya akan sangat berbahaya dan bisa berdampak buruk bagi kesehatannya kelak.

Lalu, mengapa imunisasi itu sangat penting bagi Anak? Simak ulasannya berikut ini.

1. Imunisasi adalah Hak yang harus diberikan pada anak
Kekebalan tubuh anak saat dilahirkan tidaklah sekuat orang dewasa. Maka dari itu, anak harus diberikan haknya untuk mendapatkan imunisasi. Imunisasi akan membuat tubuh anak menjadi lebih kebal terhadap penyakit. Anda bisa memberikan imunisasi TBC (tuberkulosis), difteri, polio, dan lain sebagainya di usia-usia tertentu. Anda bisa memberikan imunisasi untuk anak Anda di puskesmas, dokter, atau posyandu terdekat.

2. Memiliki manfaat yang besar
Imunisasi tentu saja memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan anak. Dengan melakukan imunisasi, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, dapat mencegah anak dari berbagai penyakit yang mematikan. Tentu saja manfaat tersebut masih bisa dirasakan hingga anak beranjak dewasa. Daya tahan tubuh anak akan kebal hingga dewasa nanti sehingga ia tidak akan mudah sakit.

3. Dampaknya lebih sedikit dibandingkan dengan infeksi
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa imunisasi bisa saja memberikan dampak yang buruk bagi kesehatan anak. Namun hal tersebut resikonya lebih kecil dibandingkan jika anak terkena infeksi. Infeksi pada tubuh bisa membahayakan kesehatan anak bahkan bisa menyebabkan kematian. Oleh karena itu, sebaiknya anak diberikan imunisasi daripada tidak sama sekali. Penting untuk mempertimbangkan tempat imunisasi agar anak Anda diberikan imunisasi terbaik.

4. Pemberian imunisasi dilakukan secara teratur
Karena pemberian imunisasi dilakukan secara teratur, maka imunisasi menjadi penting untuk diberikan pada anak Anda. Imunisasi itu sendiri sudah memiliki jadwal yang sudah ditetapkan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia. Jadwal ini tentu saja sudah disesuaikan dengan kelompok usia anak. Misalnya, kelompok anak usia 2 bulan harus diberikan imunisasi HIB atau Haemophilus Influenza tipe B yang bisa menyebabkan penyakit pneumonia.

Itulah alasan mengapa imunisasi penting untuk diberikan pada anak. Selalu pantau jadwal imunisasi yang diselenggarakan oleh posyandu. Selain itu, jangan lupa juga untuk melakukan berbagai jenis imunisasi untuk anak Anda agar penyakit-penyakit mematikan tidak mudah hinggap di tubuh mereka.

0 komentar:

Posting Komentar