Jumat, 27 September 2019

Kamu Suka Foto-Foto di Smartphone Empat Kamera? Kenali Dulu 6 Fitur Kerennya Ini

September 27, 2019 // by mirajudin // , , // No comments


Jika memiliki hobi fotografi, tentu saja kamu harus menguasai teknik pengambilan gambar yang baik dan benar. Teknik pengambilan gambar tentu saja bisa kamu pelajari dimanapun, baik itu melalui ahlinya maupun secara otodidak melalui YouTube menggunakan smartphone empat kamera, misalnya. Dengan menghasilkan gambar yang bagus, maka tidak menutup kemungkinan kamu bisa menjadi fotografer profesional dan dibutuhkan jasanya untuk berbagai kepentingan. 

Selain teknik pengambilan, ada juga fitur kamera yang harus kamu ketahui. Fitur-fitur ini bisa membantu kualitas dan proporsi gambar menjadi lebih bagus. Fitur yang ada pada kamera foto tentu saja memiliki sedikit perbedaan pada fitur kamera yang ada pada smartphone. Hal ini tentu saja bisa kamu lihat secara langsung pada menu-menu yang ada pada kamera tersebut.

Bagi seorang profesional, fitur-fitur yang ada pada smartphone tentu saja tidak aneh. Namun, bagi pemula seperti kamu yang ingin mempelajari fotografi, fitur-fitur ini bisa jadi terdengar asing bahkan tidak tahu cara penggunaannya.

Fitur Kamera Smartphone

Oleh karena itu, agar kamu bisa memaksimalkan hasil foto, simak beberapa fitur kamera yang ada pada smartphone berikuti ini.


1. Grid

Grid merupakan salah satu fitur yang bisa memudahkan kamu untuk menempatkan objek di dalam foto. Saat menggunakan fitur grid, maka akan muncul 2 garis vertikal yang sejajar dengan garis horizontal, dan membagi layar menjadi 9 bagian. Fitur ini dimaksudkan agar kamu lebih mudah untuk menggunakan aturan sepertiga dalam sebuah frame, membuat foto tetap lurus, dan masih banyak lagi fungsi lainnya.


2. Aspect Ratio

Aspect Ratio merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk melakukan perbandingan antara panjang dan juga lebar foto yang akan diambil. Pada smartphone, aspect ratio yang dimiliki biasanya berkisar antara 4:3, 3:2, dan 16:9. Dengan adanya perbandingan ratio ini, maka foto yang dihasilkan pun akan sesuai dengan yang dibutuhkan, semisal untuk kebutuhan foto Instagram.


3. Timer

Fitur yang satu ini tentu saja tidak asing lagi. Fitur timer ini berfungsi untuk menentukan jeda waktu mengambil foto saat tidak ada orang lain yang bisa mengambilkan foto untuk kamu, dan mengurangi guncangan kecil pada smartphone empat kamera kamu. Biasanya, timer yang tersedia memiliki rentang waktu 2 detik, 5 detik, dan 10 detik. Dengan begitu, kamu pun bisa menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.


4. Panorama

Fitur panorama digunakan untuk mengambil gambar dalam jangkauan yang lebih luas. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Setelah mengaktifkan fitur panorama, arahkan smartphone kamu pada pemandangan atau objek yang ingin di ambil. Umumnya, arah untuk mengambil objek secara panorama yaitu dari kiri ke kanan. Fitur ini tentu saja sangat bermanfaat jika smartphone kamu tidak memiliki fitur wide camera.


5. HDR

Fitur HDR digunakan jika kamu menginginkan foto dengan tone warna yang lebih seimbang juga noise yang minim. Jika kamu menggunakan fitur ini, maka ukuran foto pun otomatis akan lebih besar dibandingkan dengan fitur biasa.


6. Flash kamera depan

Tidak hanya pada kamera utama, flash juga kini tersedia pada kamera depan. Flash ini digunakan pada daerah yang memiliki cahaya minim, misalnya pada malam hari. Selain itu, flash juga bisa digunakan untuk membuat bayangan agar hasil foto terlihat lebih natural.

Itulah beberapa fitur pada kamera smartphone yang harus kamu ketahui. Selain fitur, kini ada smartphone empat kamera dari OPPO A9 yang bisa membantu hasil foto kamu semakin bokeh.

0 komentar:

Posting Komentar