Senin, 18 November 2019

Atasi Dismenore dengan Murah dan Mudah, Lakukan Hal Ini!

November 18, 2019 // by mirajudin // , , // No comments


Mengalami sakit perut saat haid bagi wanita bukan hal baru yang menyebalkan. Sakit perut ini bisa muncul kapan pun, secara tiba-tiba. Sebagian wanita mengalami sakit perut secara rutin saat haid, bisa sebelum atau sesudah haid. Wanita bisa mengalami sakit perut atau keram saat haid pada bagain perut bawah atau bagian pinggul. Rasa sakit pun mulai dari yang biasa sampai sakit sekali. Sakit ini biasanya dialami di tahun pertama sampai kedua seorang wanita mendapatkan haid pertamanya. Semakin bertambahnya umur, kebanyakan rasa sakit akan berkurang atau bahkan berhenti ketika bayi pertama lahir. Namun, kebanyakan dari wanita yang mengalami sakit perut saat haid apakah berbahaya jika rasa sakit yang dirasakan tidak biasa?

Pertama, harus diketahui dahulu bahwa rasa nyeri perut saat haid ini dinamakan Dismenore. Gejala-gejala yang biasanya diketahui dengan mudah adalah rasa nyeri di bagian perut yang terkadang terasa sangat sakit, rasa tertekan di bagian perut, nyeri pada bagian pinggul, punggung bagian bawah, dan paha pada bagian dalam. Saat keram parah, bisa menimbulkan muntah atau rasa sakit yang berlebih.

Kram menstruasi atau dismenore memang merupakan bagian yang tidak mengenakan bagi wanita setiap bulan. Cara mengatasi dimenore dengan mudah adalah minum lebih banyak air putih karena bisa membantu meredakan kembung. Biasakan minum 6 hingga 8 gelas air putih perhari, terutama selama menstruasi. Tambahkan beberapa daun mint atau irisan lemon untuk membuat menjadi lebih segar dan tidak membosankan. Kurangi konsumsi garam karena dapat menyebabkan kembung. Hindari alcohol karena dapat memicu dehidrasi. Beberapa wanita mengalami diare atau muntah bersamaan dengan kram menstruasi. Itu mengapa meminum air putih sangat penting ketika haid karena mengganti cairan yang hilang.

Jika tidak menyukai air putih, ada cara lain untuk menambah asupan cairan, yakni mulailah dengan meminum segelas infused water buah setelah bangun tidur di pagi hari. Dapat juga dengan minum teh chamomile atau air jahe. Cara ini sebagai alternative bagi mereka yang tidak suka dengan air putih. 

0 komentar:

Posting Komentar