Sabtu, 23 November 2019

Ingin Menang Lomba Street Photography? Coba Tips Jitu Berikut, Yuk!

November 23, 2019 // by mirajudin // , , , , // No comments


Fotografi merupakan salah satu seni yang paling banyak digemari dewasa ini. Banyak kawula muda bisa mengekspresikan diri dengan hasil jepretan gambar yang luar biasa. Salah satu seni fotografi yang sedang tren adalah street photography. Tak harus ke area wisata saja, Anda bisa mencoba menemukan hasil karya luar biasa di jalanan, lho! Bill Satya sudah membuktikan bahwa street photography mampu memberikan nilai artistik yang berbeda. 

Meskipun Anda bisa mendapatkan banyak foto menarik di sekitar saja, ada beberapa tips penting dalam menghasilkan karya foto street photography yang luar biasa. Penasaran? Simak beberapa poin penting berikut ini!

1. Selalu membawa kamera ke mana-mana 

Tak harus membawa kamera mahal seperti DSLR yang terasa berat, Anda bisa membawa kamera saku saat bepergian. Jangan pernah malas melakukan spontanitas mencoba kemampuan fotografi Anda di lingkungan sekitar seperti tempat bermain anak, pasar, jalan raya, dan lain-lain.

2. Mengatur mode kamera

Jangan lupa untuk mengatur mode kamera Aperture Priority (A/Av) atau Shutter Priority (S/TV). Bagi pemula, dua pengaturan tersebut lebih rekomended dibandingkan mode Auto/Program atau Manual.

3. Memilih lensa kamera yang tepat 

Street photography tidak hanya bisa dilakukan dengan kamera DSLR saja, tetapi Anda bisa menggunakan kamera saku atau ponsel. Namun, pastikan pilih ponsel yang memiliki pilihan lensa kamera ultra wide angle untuk hasil terbaik. Saat Anda memotret lingkungan sekitar dengan candid, hasil jepretan bakal keren.

4. Mendekat pada subjek 

Agar hasil jepretan bisa berkualitas, Anda bisa mencoba dekat dengan subjek foto Anda. Ada baiknya Anda melakukan pendekatan secara perlahan agar subjek tidak merasa terganggu. Memotret kerumunan orang memang tak masalah, tetapi tidak semua orang mau difoto, bukan? Siasati dengan berbaur lebih dahulu agar subjek tak keberatan dengan aktivitas Anda saat membidik kamera.

5. Membawa tripod atau mengandalkan paha sebagai tumpuan 

Sebagai pemula yang hendak mengikuti Go Ahead Challenge untuk penampilan street photography terbaik, Anda bisa menggunakan tripod. Jika memang tidak memiliki tripod atau malas membawa ke mana-mana, Anda bisa menggunakan paha sebagai tumpuan. Menggunakan kedua tangan untuk memotret saja bisa menghasilkan foto yang agak kabur saat terkena guncangan. 

Memulai hobi fotografi memang mudah, tetapi menghasilkan karya atau foto terbaik butuh latihan yang lebih sering. Ada baiknya pemula melakukan pemotretan jalanan pada waktu malam hari dibandingkan siang hari. Hasil jepretan pada malam hari lebih unik asal Anda tahu cara melakukan fotografi malam dengan baik. 

Sebaiknya nomorduakan kualitas foto kalau Anda masih berada dalam tahap belajar. Bukan berarti Anda enggan untuk berlatih, ya! Latihan terus menerus akan menghasilkan foto yang luar biasa. Siapa tahu Anda bakal memenangkan kontes Street Photography Go Ahead Challenge bersama Bill Satya. Tertarik mencoba hobi fotografi yang menyenangkan? 

0 komentar:

Posting Komentar