Jumat, 24 April 2020

4 Hal ini Perlu Diperhatikan Agar Bisa Memilih Karir yang Sesuai dengan Kompetensi

April 24, 2020 // by mirajudin // , , // No comments


Setelah menyelesaikan pendidikan Anda, maka selanjutnya Anda akan memasuki dunia kerja. Saat memasuki dunia kerja, Anda akan memilih karir apa yang Anda jalani. Menjalani karir yang sesuai akan membuat Anda semakin semangat dalam menjalani setiap pekerjaan tersebut. Untuk menentukan karir apa yang sesuai, Anda bisa menggunakan jasa konsultasi karir.

Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan beberapa tips berikut.

1. Kenali hobi Anda

Anda mungkin sering mendengar istilah seperti pekerjaan yang paling luar biasa adalah hobi yang dibayar. Menjalani pekerjaan yang berasal dari hobi atau minat Anda memang akan membuat Anda lebih semangat dalam bekerja dan membuat seluruh pekerjaan yang dilakukan akan terasa menyenangkan. 

Maka, cobalah kenali terlebih dulu apa hobi dan minat Anda. Cobalah tekuni hobi tersebut dengan serius dan cobalah mencari peluang untuk membuat hobi tersebut bisa menghasilkan pendapatan untuk Anda. Jika Anda menekuni hobi dengan serius, bukan tidak mungkin bahwa Anda bisa sukses dengan melakukan hobi tersebut. Namun untuk bisa membuat hobi Anda menjadi sumber penghasilan, tentu dibutuhkan waktu serta ketekunan dan kerja keras.

2. Kenali kekuatan dan kemampuan Anda

Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Begitu pula setiap orang pasti memiliki kekurangan. Anda hanya perlu mengenali bidang apa yang bisa menjadi kemampuan dan kekuatan Anda. Pilihlah bidang karir dimana Anda memiliki kemampuan lebih untuk melakukan bidang pekerjaan tersebut. 

Misalnya jika Anda memiliki kemampuan lebih dalam hal angka dan hitungan, Anda bisa memilih karir di bank atau sebagai seorang akuntan. Namun jika kemampuan Anda lebih mahir dalam bidang-bidang kreatif, maka pilihlah karir yang lebih mementingkan kreativitas misalnya menjadi seniman. Agar Anda bisa mengetahui kemampuan Anda, Anda bisa menggunakan jasa konsultasi karir atau dengan cara menulis hal-hal yang menjadi kelebihan dan kekurangan Anda.

3. Kenali kepribadian Anda

Sebagaimana kemampuan dan kekurangan, setiap orang juga pasti memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Beberapa kepribadian yang umum dimiliki orang-orang misalnya introvert dan extrovert. Anda perlu mengetahui kepribadian mana yang Anda miliki agar bisa menentukan karir mana yang sesuai untuk Anda. 

Jika Anda memiliki kepribadian introvert, maka Anda memiliki karakter yang lebih rapi, teliti, detail, dan individual sehingga cocok untuk pekerjaan-pekerjaan–pekerjaan yang membutuhkan fokus dan bekerja sendiri. Seperti penulis, desainer grafis, atau pekerjaan-pekerjaan lain yang tidak berhubungan dengan banyak orang. 

Namun jika Anda memiliki kepribadian extrovert, maka Anda memiliki karakter terbuka dan senang bekerja sama sehingga Anda lebih tepat untuk memilih karir seperti public relation, pembicara, atau pekerjaan-pekerjaan lainnya yang membuat Anda akan sering bertemu banyak orang.

4. Melakukan magang

Saat ini ada banyak perusahaan yang membuka program magang, terutama bagi Anda yang masih menjadi mahasiswa atau seorang fresh graduate. Kesempatan magang ini bisa Anda manfaatkan untuk menggali ilmu dan pengalaman sebelum Anda benar-benar memutuskan karir apa yang akan dipilih ketika Anda memasuki dunia kerja sebenarnya nantinya. 

Ketika magang, Anda bisa mempertimbangkan apakah karir tersebut sudah cocok dengan diri Anda ataukah Anda lebih baik mencoba karir yang lain. Selain menambah pengalaman, program magang yang diberikan perusahaan juga akan memberi Anda sertifikat magang yang berguna untuk Anda gunakan saat melamar kerja nantinya. 

Itulah beberapa tips Maukerja Indonesia adalah platform konsultasi karir online. Dengan 3 layanan utama: 1. Konsultasi Persiapan Kerja : Mencakup review CV & cover letter, tips & latihan interview, persiapan tes kerja & psikotes. 2. Bimbingan Karir : Mencakup konsultasi seputar magang, masa probation, kontrak kerja, nego gaji & masalah karir lain khususnya bagi mereka yang baru pertama kali masuk dunia kerja. 3. Konseling Karyawan : Mencakup konsultasi seputar evaluasi performa kerja, peraturan perusahaan, aturan PHK, cara resign & konflik kantor lainnya. Konsultasi dilakukan melalui chat secara online & dilayani oleh 70+ HR profesional yang sudah melalui proses seleksi ketat. Data pribadi & chat konsultasi dijamin kerahasiaannya.

0 komentar:

Posting Komentar