Selasa, 07 April 2020

Bunda, Inilah 6 Persiapan yang Harus Dilakukan Untuk Menjalankan Proses Persalinan

April 07, 2020 // by mirajudin // , , , // No comments

sumber:mamaschoice.id

Detik - detik menjelang kelahiran bayi memang begitu mendebarkan sekaligus menyenangkan. Apalagi jika itu adalah kelahiran pertama kamu, maka semua perasaan tersebut berkombinasi menjadi satu kesatuan. Untuk menuju hari yang dinanti tersebut, tentunya kamu harus mempersiapkan semuanya dengan matang. Agar saat hari tersebut datang, kamu sudah benar - benar siap untuk menyambut kelahiran anak pertama kamu. 

Untuk para bunda yang baru pertama kali akan melakukan proses persalinan, pasti akan bertanya - tanya. Kira - kira  apa saja sih yang harus dipersiapkan? Tidak usah bingung, karena dalam ulasan kali ini akan dijelaskan persiapan apa saja yang harus dilakukan untuk menjelang proses kelahiran bayi. 

1. Perlengkapan Bayi

sumber:doktersehat.com

Hal pertama yang harus kamu siapkan, yaitu membeli perlengkapan bayi, seperti pakaian, popok bayi, selimut bayi dan lain sebagainya. Nah, untuk persiapan satu tahun kedepan, kamu juga perlu membeli alat bantu jalan bayi. Untuk digunakan nanti ketika anak kamu sudah mulai berjalan. Selain itu, mempersiapkan perlengkapan yang akan dibawa ke rumah sakit, juga penting. Sebaiknya beli perlengkapan secukupnya saja ya, misalnya enam set baju bayi, topi untuk menghangatkan si bayi, popok secukupnya, tisu basah khusus kulit bayi, kain bedong dan sarung tangan untuk mencegah si bayi menggaruk wajah dengan kuku yang masih panjang.

2. Perlengkapan Ibu

sumber:id.aliexpress.com

Selain mempersiapkan perlengkapan untuk bayi, kamu juga harus mempersiapkan perlengkapan untuk diri sendiri. Perlengkapan ibu yang harus kamu persiapkan, yaitu pakaian ganti lengkap yang disiapkan untuk tiga hari kedepan. Disarankan untuk menggunakan baju berkancing depan dan menggunakan bra yang dikhususkan untuk ibu menyusui. 

3. Persiapkan Surat atau Kartu Penting

sumber:tirto.id

Mempersiapkan surat atau kartu penting, dilakukan untuk memudahkan kamu pada saat melakukan pendaftaran di rumah sakit nantinya. Kartu yang dipersiapkan yaitu, seperti BPJS untuk membantu meringankan biaya persalinan.

4. Rileks

sumber:id.theasianparent.com

Jika semua peralatan atau perlengkapan sudah dipersiapkan, saatnya kamu menenangkan pikiranmu. Karena kebanyakan para ibu hamil selalu mengkhawatirkan proses persalinan yang sakit dan akhirnya membuatnya menjadi panik. Buanglah pikiran itu dengan mencari kegiatan yang membuat kamu merasa tenang seperti yoga. Selain yoga, kamu juga bisa melakukan olahraga lainnya, misalnya berjalan kaki dipagi hari mencari udara segar yang membuat kamu menjadi lebih rileks. 

5. Konsultasi dengan Dokter

sumber:floresa.co

Melakukan konsultasi dengan dokter yang akan membantu proses persalinan memang harus dilakukan. Karena dengan itu, kamu akan banyak mendapatkan informasi mengenai proses persalinan. Selain itu, agar kamu mengetahui metode persalinan apa yang akan dilakukan nanti, apakah secara normal ataupun caesar. 

6. Rajin Membaca Panduan Merawat Bayi

sumber:lifestyle.okezone.com

Selain harus berkonsultasi dengan dokter, kamu juga perlu memperkaya informasi dengan cara rajin buku membaca panduan melahirkan. Semua informasi tersebut bisa kamu dapatkan dari internet atau buku. Memperbanyak informasi tentang persalinan akan membuat kamu tidak panik saat melakukan proses tersebut.

Nah, itu dia tadi beberapa persiapan yang harus dilakukan untuk para ibu hamil yang sebentar lagi akan melakukan persalinan. Untuk ibu atau ayah yang mempunyai penyakit keturunan seperti asma, sebaiknya mempersiapkan alat uap bayi untuk antisipasi, jika si bayi juga memiliki penyakit tersebut. 

0 komentar:

Posting Komentar